FAKTA UNIK KOTA SEMARANG


Dikenal sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia, Semarang cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga tercinta karena memiliki beragam destinasi wisata. Mulai dari; Lawang Sewu, Kawasan Simpang Lima, Klenteng Sam Po Kong, New Sabana Rawa Pening, Curug Lawe, dan masih banyak wisata lainnya. Tidak hanya wisata, di kota ini juga tersedia banyak sekali tempat penginapan seperti hotel di Simpang Lima Semarang, misalnya, sehingga semakin memudahkan pengunjung yang berlibur ke sana.

Nah, bicara mengenai kota Semarang, tahukah Anda jika kota satu ini memiliki berbagai fakta unik. Apa sajakah itu? Yuk, langsung dibaca ulasannya di bawah ini:
Kota Semarang menjadi pelabuhan utama Kerajaan Mataram Kuno abad ke-VIII dan disebut dengan “Pragota”. Pelabuhan ini dijadikan sebagai titik mula pelayaran yang dilakukan oleh pelaut Mataram Kuno yang berlayar hingga ke Madagaskar, Afrika, Tanjung Harapan, dan sebagainya.
Kerap dikunjungi kapal asing, maka tak heran jika Semarang menjadi tempat pertemuan berbagai budaya. Salah satu bukti dari akulturasi tersebut bisa dilihat dari kulinernya, dimana kebanyakan kuliner di kota Semarang seperti Soto Bangkong, Tahu Pong, Lumpia merupakan perpaduan dari kuliner China dan Jawa.
Terbagi menjadi dua kawasan yaitu Semarang Bawah dan Semarang Atas. Semarang Atas letaknya lebih tinggi dibanding Semarang Bawah sehingga biasanya tidak terkena luapan air laut. Namun, beda halnya dengan Semarang Atas, Semarang Bawah acap terkena dampak dari luapan air laut karena lokasinya yang berada di bagian bawah dan dulunya merupakan laut yang mengalami sedimentasi aliran sungai dari Semarang Atas.

Mayoritas penduduk kota Semarang ini adalah suku Jawa. Tapi, ada juga yang bersuku Arab, Pakistan, Tionghoa, Sunda, dan masih banyak yang lainnya. Dan agama yang dianut di kota ini mayoritasnya Islam.

Memiliki semboyan “Semarang Kota Atlas”. Yang artinya, aman, tertib, lancar, asri, dan sehat. Adanya semboyan ini diharapkan masyarakat Semarang bisa memelihara kota dengan sangat baik. Semarang dijuluki sebagai “VenetiĆ« van Java”. Alasannya adalah karena Semarang dilalui oleh banyak sungai tengah kota layaknya Venesia (Italia).

Artikel ini telah terbit di tribun news 

Komentar